“PLC – Teori, Pemrograman dan Aplikasinya dalam Otomasi Sistem”

ISBN : 978-979-756-550-3

Penulis : Handy Wicaksono

Penerbit : Graha Ilmu, Jogjakarta

Tanggal terbit : November, 2009

Jumlah halaman : xxiv + 192 halaman

Harga Rp. 64.800,- Rp. 60.000,- (perubahan harga dari penerbit per Agustus 2013)

Informasi pembelian dapat melihat halaman ini.

Pengantar, daftar isi dan informasi lain dapat meneruskan membaca posting ini.

Pengantar

Otomatis. Pernahkah Anda menyadari betapa banyaknya sistem otomatis di sekeling Anda? Sistem dan peralatan yang ada mulai dari dunia industri sampai dalam kehidupan sehari – hari bekerja secara otomatis. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya pemahaman akan konsep dan penerapan otomasi sistem dalam dunia modern ini.

Programmable Logic Controller (PLC) adalah pengendali sistem otomatis yang sangat populer dalam industri manufaktur. Karenanya buku ini akan membahas tentang konsep, pemrograman dan aplikasi PLC dalam otomasi sistem.

Dalam buku ini akan dijelaskan antara lain :

  • Pengenalan otomasi sistem berbasis PLC
  • Perangkat keras PLC merk Omron, Schneider dan Siemens tipe tertentu
  • Pemrograman PLC tingkat dasar (meliputi penggunaan Timer dan Counter)
  • Pemrograman PLC tingkat lanjut
  • Konsep wiring dan interfacing peralatan pada PLC

Sekalipun menggunakan studi kasus dengan PLC merk tertentu, namun buku ini memberikan konsep yang umum sehingga dapat digunakan jika pembaca berhadapan dengan PLC merk lain.

Untuk membantu pembaca memahami setiap topik bahasan, maka setiap bab pada buku ini dilengkapi dengan :

  • Sasaran (tujuan akhir dari pemahaman masing – masing bab)
  • Latihan (media evaluasi dan belajar secara mendiri)
  • Belajar lebih lanjut (saran – saran untuk mengembangkan sendiri pemahaman Anda setelah menyelesaikan satu bab)
  • Banyak gambar dan ilustrasi untuk mempermudah pemahaman pembaca

Meskipun buku ini utamanya ditujukan untuk mahasiswa (Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Mesin, Teknik Industri, dan lain – lain), namun para siswa SMK elektro, praktisi elektro otomasi, maupun orang awam yang berminat dalam bidang otomasi akan mendapat banyak pengetahuan dan manfaat dengan membaca buku ini.

Daftar Isi

  • Bab 1 : Pengenalan Otomasi Sistem Berbasis PLC
  • Bab 2 : Relay – Prinsip dan Aplikasi
  • Bab 3 : Perangkat Keras PLC
  • Bab 4 : Dasar – Dasar Pemrograman PLC
  • Bab 5 : Timer dan Counter
  • Bab 6 : Pengalamatan dan Instruksi Dasar PLC
  • Bab 7 : Instruksi Lanjut PLC
  • Bab 8 : Pengkabelan pada PLC
  • Bab 9 : Prinsip Interfacing Peralatan dengan PLC
  • LAMPIRAN 1 : Petunjuk Praktis Pemograman Zelio dengan Zelio Software 2 Versi 4.1

Informasi Lain

Beberapa bagian diktat yang merupakan “embrio” buku ini dapat Anda download : bab 1, bab 2, dan bab 3.

Pengantar, daftar isi, dan biodata penulis lengkap dapat didownload di sini.

========

Akhir kata, semoga karya kecil ini berguna untuk mahasiswa, dan pendidikan di Indonesia!

28 Komentar on ““PLC – Teori, Pemrograman dan Aplikasinya dalam Otomasi Sistem””

  1. iwan setiawan berkata:

    mas caranya pesan buku ini gimana? tlong sms saya saya orang awam dan tertarik untuk belajar PLC 085750296425

  2. alex berkata:

    kog g bsa lihad isi bukunya 😦

  3. Rudy Setiawan berkata:

    Mohon bantuannya mas Handy, kenapa menggunakan converter usb to serial di windows7 di laptop tidak bisa untuk transfer dan read ladder diagram . Padahal driver sudah terinstall dan pada device manager sudah terdeteksi COMnya. Padahal kalo menggunakan PC yg ada serialnya dg OSnya sama windows7 tidak ada masalah.

    adakah yang perlu diseting,.. mohon pencerahannya.

    Trims bantuannya

    Rudy Setiawan

    • Handy berkata:

      Mas Rudy, maaf lama sekali saya baru membalas. Memang ada kabel USB to RS 232 yang tidak cocok untuk koneksi dengan PLC atau mikrokontroler (sekalipun sudah dikenali COMnya. Jadi masalah ada di kabelnya..

  4. rina bahar berkata:

    mas… disekolah sy menggunakan PLC merk Siemens, apa dibuku ini bisa digunakan sebagai referensi dalam pengajaran???
    Tolong balasannya lewat SMS aja mas, 085753491521

    • Handy berkata:

      Mbak Rina, maaf baru membalas, buku tersebut lebih fokus ke dasar – dasar PLC. PLC Siemens hanya disinggung beberapa bagian, tidak terlalu detail.

  5. nadia utari berkata:

    saya mau cari buku scada ada gg pk??
    buat bahan skripsi saya,
    mohon bantuan nya pak.
    di toko buku padang belum ada buku scada

  6. meta berkata:

    siang pak,saya mau pesan bukunya gimana caranya?tadi sudah sms ke nomor yang diberikan di atas,tapi belum ada balasan.kalau boleh tau, bukunya sudah beredar di toko buku mana ya?Gramedia ada?trims sebelumnya.

    • Handy berkata:

      Mbak/Bu Meta, mohon tunggu balasan, pasti akan dibalas. Di toko buku mahasiswa (misal : Toga Mas) mungkin masih ada. Di gramedia pasti tidak ada, karena ini buku lama (2009). Thanks

  7. asep amir berkata:

    Dear P Handy…sy Asep Amir di Bandung.

    Apakah buku Dasar Pemrograman SCADA Software dengan Wonderware InTouch & Programmable Logic Controller – Teori, Pemrograman dan Aplikasinya dalam Otomasi Sistem masih ada stok nya?

  8. Imam Ramdani berkata:

    Dear Mas Handy,
    Boleh tau daftar buku yg mas punya apa saja?terima kasih,

  9. Heruono berkata:

    Dear Mas Handy

    mas mase ada ngak stok bukunya sekarang

  10. Sindu berkata:

    Mas Handy, buku PLCnya masih stok tidak? sekalian mau tanya, untuk buku PLC ini apakah mengupas juga tentang PLC Siemens step 7 tidak?

    • Handy berkata:

      Pak Sindu, buku PLC masih ada, hanya sekarang harga naik. Saya tidak mengupas khusus untuk step 7, btw saya sedang dalam proses menerbitkan buku lain yang khusus untuk PLC Siemens S7 200. Salam

  11. omagus™ berkata:

    buku ini masih ada pak..?

    bagaimana cara membelinya secara online..?

  12. Lontong Oke berkata:

    pak Handy, saya mau tanyakan
    apakah pak hendy juga menulis buku tentang cara komunikasi PLC dengan perangkat monitoring seperti VB.net ,, atau ada tulisan lain terkait hal ini ,, terimakasih

  13. choiri berkata:

    pak handy
    apakah buku termasuk cd atau cd terjual terpisah…thanks

  14. Mas handy, saya ingin bertanya nich. Gini mas, saya ya pernah belajar PLC ( ada timer, counter, dll) buat program sederhana pas kuliah. Ya kalau kuliah c alamatnya ya nomorin ja c, input kasih i…. kalau output o…. dll (dimatakuliahnya teorinya ja), pernah buat program ladder dr pc pas lab, gak tau tuch softwarenya apa, syntaxnya dah ada di materi kuliah. Sekarang sudah kerja, saya tertarik buat dalemin di PLC, pengalaman kerja di maintenance dan electrical kontrol. Saya sekarang mulai karir baru di otomatisasi. Saya baru tau kalau addressnya tuch ada berbagai jenis, untuk analog, untuk digital, internal relai, special. Ada untuk nilai datanya juga brp bit pakai address apa (kalau gak salah gitu ya?). Ternyata counter, timer, dllnya juga multifuction. Ada coil atau contact yang terus latch sampai diriset, dll. Jadi pertanyaan saya, ada tidak buku yang menjelaskan tentang fungsi” itu secara detil, ttg jenis” address dan tipe” komponennya. Yang saya cari c buku yang menjelaskannya mulai dari konsepnya. Kalau dulu belajar c++ , saya diajari variabel itu apa, mulai dari konsepnya, trus lanjut ke bisa nampung nilai jenis apa, berapa jumlah maksimal dari tiap jenis variabel, ada deklarasi buat apa. Jadi kayak ngajar anak tk gitu mas. Soalnya susahnya saya, kalau gak clear dikonsep dasarnya saya terus” ada yang ganjel jadi susah move on, gak bisa nerima gitu ja. Ada buku kayak gitu gak ya? Untuk type plc tertentu juga gpp, kalau ada yang untuk global juga boleh. Saya baca di manualnya pusing. Saya pernang coba GeFanuc, rx brp gitu, ini kalau kagak salah ya. Memang dia bisa pakai bahasa pemograman tipe lain ya. Ya gitu mas, jadi sebenernya saya minta referensi buku dari mas, ingris n indonesia jg gpp. Tp kalau bisa ada yang versi indonya mas, jadi saya bisa banding”in. Ayo mas, kalau lagi gak sibuk bisa dibantulah saya yg sedang galau ini. Hehehe….
    Thanks.

  15. Rista berkata:

    Salam kenal Pak Handy.
    mohon informasinya apakah buku tersebut diatas sudah bisa dipesan saat ini?

    Terima kasih
    Rista – surabaya

  16. Imam berkata:

    Dear Pak Handy,

    Saya sangat tertarik dengan PLC sejak dibangku kuliah, namun sampai saat ini saya kesulitan memahami ladder diagramnya. mohon konfirmasi apakah buku ini juga dilengkapi CD tutorial atau software untuk PLC. supaya disamping belajar teori sekaligus bisa langsung dipraktekkan.

    kind regards,
    Imam bahrudin

  17. agung berkata:

    pak,mohon bantuannya saya mau belajar plc LS, adakah buku nya? trimakasih

  18. fazrilmaaly berkata:

    mas handy saya mau nanya,kalau untuk programer bagus nya menggunakan windows7 atau windows8


Tinggalkan Balasan

