“Dasar Pemrograman SCADA Software dengan Wonderware InTouch”

ISBN : 978-979-756-802-3

Penulis : Handy Wicaksono, S.T.,M.T.

Penerbit : Graha Ilmu, Yogyakarta

Tanggal Terbit : September 2011

Jumlah Halaman : xii + 176 halaman

Harga : Rp. 46.800,- Rp. 45.000,-

Informasi pembelian dapat melihat halaman ini.

Buku ini merupakan adaptasi dari modul pelatihan “Pemrograman SCADA Software dengan Wonderware InTouch 10.0 – Tingkat Dasar” yang diadakan oleh IATC. Penulis melakukan adapatasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan buku SCADA berbahasa Indonesia.

Pengantar, daftar isi dan informasi lain dapat meneruskan membaca posting ini.

Pengantar

Dalam penerapan otomasi industri berbasis PLC (Programmable Logic Controller), seringkali muncul kebutuhan akan pengawasan dan pengendalian jarak jauh oleh operator. Selain itu akuisisi data dari lapangan dan penyimpanan dalam bentuk database juga sangat diperlukan. Semua kebutuhan tersebut dapat dijawab dengan menerapkan sistem SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition).

Meski bidang ini cukup penting dalam dunia otomasi industri modern, seringkali mahasiswa ataupun masyarakat umum yang ingin mempelajari sistem SCADA tidak dapat menemukan buku yang tepat di pasaran (khususnya yang ditulis dalam bahasa Indonesia). Oleh karena itu, melalui buku sederhana ini penulis ingin mengisi kekosongan literatur tersebut, dengan harapan siapa saja dapat mempelajari sistem SCADA dengan lebih cepat.

Buku ini memberikan konsep dasar dari sistem SCADA berbasis PLC (Programmable Logic Controller).  Aspek komunikasi data dan Human Machine Interface juga dibahas secara khusus. Namun demikian, pokok bahasan utama pada buku ini adalah penerapan sistem SCADA menggunakan Wonderware InTouch (salah satu SCADA software terpopuler di dunia) dengan penekanan pada :

  • Development Environment
  • Tagname Dictionary
  • Script untuk Visualisasi sistem
  • Trend, Alarm, dan Security
  • Koneksi PC – PLC
  • Database

Melalui buku ini, diharapkan pembaca dapat memahami dan membuat sendiri SCADA software dasar dengan Wonderware InTouch, serta menerapkannya pada plant yang dikendalikan PLC.

Jika Anda adalah mahasiswa (Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik informatika), automation engineer, ataupun pemerhati dunia otomasi industri, buku ini akan bermanfaat untuk menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi Anda.

Daftar Isi

1. Pengenalan SCADA

  • Review PLC dan Otomasi Sistem
  • Definisi dan Sejarah SCADA
  • Arsitektur dan Jenis – Jenis Sistem SCADA

2. Konsep Komunikasi Data pada Sistem SCADA

  • Tipe komunikasi data pada PLC
  • Perkembangan komunikasi data pada sistem SCADA

3. SCADA Software

  • HMI dalam SCADA
  • Fungsi dan struktur HMI

4. Development Environment

  • Fungsi dasar menu – toolbar pada Window Maker
  • Menggambar obyek pada Window Maker
  • Praktikum Mandiri

5. Tagname Dictionary

  • Tagname Dictionary
  • Praktikum Mandiri

6. Script dan Animasi

  • Macam – macam script
  • Animasi Diskrit
  • Animasi Analog
  • Value Display
  • User Interface
  • Praktikum Mandiri

7. Trend

  • Fitur – fitur HMI
  • Real Time Trend
  • Historical Trend
  • Praktikum Mandiri

8. Alarm

  • Alarm
  • Praktikum Mandiri – Membuat Distributed Alarm Display

9. Security

  • InTouch based Security – Depend on Window Viewer
  • Touch based Security – Independent on Window Viewer
  • Praktikum Mandiri

10. PC – PLC Connection

  • Review PLC Omron CPM1
  • Konfigurasi pada PLC Omron CPM1
  • Konfigurasi pada Aplikasi Wonderware InTouch
  • Konfigurasi pada I/O Server (OmronHL)
  • Praktikum Mandiri

11. Menggunakan Database Sederhana pada Wonderware InTouch

  • Pengenalan Wonderware InTouch SQL Access Manager
  • Konfigurasi Bind List
  • Konfigurasi Table Template
  • Perintah – Perintah SQL pada SQL Access Manager
  • Praktikum Mandiri

Informasi Lain

Informasi buku dari penerbit dapat didownload di sini , atau dengan membuka halaman ini.

28 Komentar on ““Dasar Pemrograman SCADA Software dengan Wonderware InTouch””

  1. joseph s,st berkata:

    halo, mohon info untuk mendapatkan buku2x tentang SCADA, btw info lain yg masih terkait SCADA juga tidak apa2x.

    atas info dan kerja sama nya diucapkan terima kasih.

    Joseph s,st

  2. Elsa Ervandik Noya berkata:

    hallo semua-nya’
    saya salah praktisi PLC dan DCS semua ilmu ini saya dapat di lapangan saat saya mengalami troubleshooting . Saat ini saya sedang mencari rereference buku panduan untuk cara pemograman DCS, khusus-nya untuk merk FOXBORO . Mungkin temen-teman bisa bantu saya memberikan referensi tersebut .
    Saya berharap dapat info link langsung ke media tersebut, dan gratis ( itu harapan pribadi saya ) .
    Atas perhatian dan bantuan teman-teman semua, sebelumnya saya ucapkan terimakasih .

  3. rizqal berkata:

    Mas kalu mau beli bukunya bagaimana caranya??
    apa punya toko sendiri di daerah jakarta..??
    kalau ada dimana???

  4. abdi berkata:

    mas buku SCADA di gramedia ada ga si ..

  5. Rohendi berkata:

    Mas saya baca buku SCADA yg dari IATC. Bagus Simpel dan mudah dimengerti. Tapi waktu buat Access name, cuma GALAXY tdk bisa New. kenapa ya ? Trus kalo pake Zelio , I/O Drivernya pake apa ya ?. TQ

    • Handy berkata:

      Pak Rohendi, kemungkinan karena saat buat aplikasi baru, Bapak mencentang bagian “InTouch View Application”.
      Kemudian, setahu saya Zelio tidak bisa connect ke Wonderware, dia bisa connect ke produk SCADA dari Schneider (mungkin Vijeo Look).
      Salam..

      • Rohendi berkata:

        Ok. Mas mantap, sekarang dah bisa. Selanjutnya 1. Saya kesulitan untuk mengkonfigurasi DM6650/51 itu pake software PLC atau di hardwarenya ya ? 2. Saya pake Laptop jadi Serial Port-nya pake USB-Serial Coverter, masalahnya tdk bisa diset ke port lain selain COM1 ? Mohon advisnya. Thx

      • Handy berkata:

        Pak Rohendi, DM 6650/6651 bisa dibiarkan saja sesuai default, tidak harus diatur. Untuk akses harus dengan software dari PLC Omron (Syswin atau CX Software). Untuk masalah COM bisa diatur pada Omron Host Link pada bagian Com Port Settings.
        Selamat mencoba..

  6. tresna berkata:

    Halo Mas Handy apa kabar? Udah lama nih gak main ke blognya mas Handy.
    Oh iya mas, saya tertarik buku yg intouch ini nih, buat kado ke temen saya yang demen banget sama dunia otomasi tapi terkendala sama literartur berbahasa Indonesia. Saya udah coba cari ke toko buku terdekat cuma ga ada (atau sudah habis, saya gak tau). Bisa minta info untuk pemesanan online mas? saya coba masuk link informasi pembelian, tapi tidak ada informasi apapun yg muncul. Terima kasih mas.
    sukses terus

    • Handy berkata:

      Kabar baik mas Tresna, semoga sampeyan juga tambah sukses ya.. 🙂
      Terima kasih untuk ketertarikan dengan buku sederhana saya. Harusnya Link pembelian aktif mas, atau coba masuk ke link ini :
      https://bukubuka.wordpress.com/beli-buku/
      Di halaman tersebut sudah lengkap cara – caranya. Jika masih belum jelas, silahkan menghubungi saya lagi.
      Salam otomasi! 😀

  7. Rudy Setiawan berkata:

    Dear mas Handy

    Dari dulu saya pg belajar SCADA, makanya begitu ada buku sy langsung transfer. Yang saya tanyakan sudah ada paket CD demonya mas….? atau beli tersendiri..?
    Semoga tambah sukses dan terus berbagi ilmu dan pengetahuan otomasi

    terima kasih

  8. agustian berkata:

    Mas handy, saya sudah beli buku anda..
    tapi saya masih kesulitan dalam komuniasi antara HMI dengan PLCnya.
    saya bisa minta nomer HP anda tidak.
    saya sangat butuh ini.
    terima kasih.

  9. Salam Mas Handy,,, 🙂

    Saya mau Pesan bukunya mas Handy yg Dasar Pemrograman SCADA Software dengan Wonderware InTouch, dan yg PLC – Teori, Pemrograman dan Aplikasinya dalam Otomasi Sistem.. caranya gmn mas ? dan Biayanya brp mas ? Saya Berada Di Malang Mas.

    terima kasih

  10. Anwar Mustajab berkata:

    salam mas hendy…
    saya mau pesan kedua buku apa masih ada stock? saya ada di tangerang. terimakasih.

  11. Budi setiyawan berkata:

    Salam,
    Mas handy, buku scada kalau ke Prabumulih SumSel berapa ya?
    Trim’s

    • Handy berkata:

      Salam mas Budi, untuk ongkos kirim, kami mulai menerapkan dengan mengecek di situs JNE (www.jne.co.id).
      Untuk Surabaya – Prabumulih, biaya : 36.500. Jadi dengan harga buku dan amplop, TOTAL : 83.000.
      Terima kasih

  12. bondan berkata:

    mas hendy, di daerah surabaya kira2 di togamas margorejo ada ? kalo ada tempat yang recommended yang pasti ada nih buku biar g kecewa nyarinya dan pasti dapat dimana ya?
    trims

    • Handy berkata:

      Mas Bondan, maaf saya tidak bisa memastikan. Memang di toga mas biasanya ada.
      Jika tidak ada bisa pesan langsung ke saya. Langkah – langkah ada di halaman pembelian.


Tinggalkan Balasan

